•  
  • Macam Macam Cara Menambah Kapasitas Ram

    18 Apr 20121 komentar
    بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم



    Ram sangat penting bagi computer/laptop kita semakin besar kapasitas ram yang kita punya maka pemakaian program-program yang berat akan semakin cepat di akses, kali ini saya akan berbagi mengenai cara mengakali keterbatasan Ram yang kita miliki.


    1. Memakai Memori virtual


    Memori virtual ( dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition.


    Dalam sistem operasi berbasis Windows NT, terdapat sebuah komponen yang mengatur memori virtual, yakni Virtual Memory Manager (VMM). VMM dapat memetakan alamat-alamat virtual yang dimiliki oleh sebuah proses yang berjalan ke dalam page memori fisik di dalam komputer. Dengan cara begini, setiap proses pun dapat memperoleh memori virtual yang cukup agar dapat berjalan, dan yang terpenting adalah setiap proses tidak mengganggu memori yang sedang digunakan oleh proses lainnya. VMM menangani paging antara RAM dan page file, dengan memindahkan page dengan menggunakan sebuah cara yang disebut sebagai demand paging. Hasilnya, setiap aplikasi 32-bit pun dapat mengakses memori hingga 4 gigabyte (meskipun Windows hanya membatasi proses yang berjalan dalam modus pengguna hanya sebatas 2 GB saja).


    Oleh karena pentingnya fungsi dari virtual memori ini maka ada baiknya jika anda meningkatkan kapasitas virtual memori tersebut terlebih bila anda sering menjalankan program-program berat atau membuka banyak file sekaligus. Untuk mengatur kapasitas dari Virtual Memori pada Windows XP, langkah-langkahnya adalah:
    • 1. Klik Start Menu > Control Panel

    • 2. Setelah bagian Control Panel terbuka, klik bagian Advance

    • 3. Lalu klik Settings pada bagian Performance

    • 4. Maka akan terbuka jendela Performance Options. Klik pada tab Advanced

    • 5. Perhatikan pada bagian paling bawah yang bertuliskan Virtual Memory dan klik tombol Change yang berada disampingnya

    • 6. Centanglah pada tulisan ‘Custom Size’ dan isikan besaran memori sebesar 2x kapasitas memori RAM yang anda gunakan pada komputer anda saat ini. Misalkan komputer anda menggunakan RAM sebesar 2 GB, maka isikan 4 GB pada kedua kolom bagian ‘Initial Size (MB)’  dan ‘Maximum Size (MB)’

    • 7. Setelah selesai tekan Apply dan Ok, kemudian restart komputer anda.




      2. Menambah RAM dengan flashdisk dengan software e-booster



      Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.


      Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.


      Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.


      Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.


      Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.


      Akan tetapi jika harus menambah RAM kita diharuskan untuk mengeluarkan biaya sekitar Rp.200.000,- untuk kapasitas 1GB, namun ada cara untuk menghemat uang tersebut dengan cara memanfaatkan flasdisk yang kita punya untuk dijadikan RAM External, Namun flashdisk terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan berikut ini agar bisa menjadi RAM external :
      • 1. Kapasitas yang dibutuhkan paling tidak 256 MB (atau 250 MB setelah pemformatan).
      • 2. Perangkat yang lebih besar daripada 4 GB akan memiliki hanya 4 GB yang bisa digunakan untuk   fitur   ReadyBoost.
      • 3. Perangkat tersebut harus memiliki waktu akses data 1 milidetik atau bahkan kurang dari 1 milidetik.
      • 4. Perangkat tersebut harus mampu melakukan pembacaan paling tidak 2,5 Megabyte per detik untuk   pembacaan acak dalam blok 4 KiB di atas keseluruhan drive tersebut. Selain itu, perangkat juga harus  mampu melakukan penulisan paling tidak 1,75 Megabyte per detik untuk penulisan secara acak dalam  blok 512 KiB di atas keseluruhan drive tersebut.
      • 5. Perangkat tersebut harus paling tidak memiliki ruangan kosong (free space) sebesar 235 MB.
        Catatan : Kalo flashdisk kamu tidak dapat digunakan sebagai RAM, tidak menutup kemungkinan flashdisk kamu tidak memenuhi salah satu peraturan diatas.
        Langsung saja cara menjadikan flashdisk kamu menjadi RAM :
        1. a). Tancapkan flashdisk kesukaan kamu di PC.
        2. b). Setelah flashdisku kamu terdeteksi oleh PC, langsung aja buka explorer, My computer.
        3. c). Klik kanan pada flashdisk kamu, lalu pilih properties.
        4. d). Setelah keluar jendela properties, pilih pada tab ReadyBoost di bagian atas.
        5. d). Centang "Use this device", lalu tentukan seberapa besar kapasitas yang akan dijadikan RAM (MB)
        6. e). Tekan OK, lalu secara otomatis flashdisk kamu sudah menjadi RAM external, dan niscaya pengoperasian komputer kamu bakalan lebih "wuuush" daripada sebelumnya (bergantung pada besarnya kapasitas yang digunakan).



          1 komentar:

          Poskan Komentar

          sudi kiranya anda berbagi saran disini, tolong sertakan nama yang jelas terimakasih.

           

          ©Copyright 2012 Abang Janut Blog | TNB | Dimodifikasi Oleh : Abang Janut