•  
  • Local Area Networks ( LAN )

    2 Apr 20110 komentar
    بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    Local Area Networks





    Sebuah Local Area Network (LAN) memungkinkan peralatan komputasi untuk berbagi informasi dari setiap perangkat pada jaringan dengan perangkat lain pada jaringan yang sama, dan termasuk pemasangan kabel, perangkat transmisi jaringan, antarmuka jaringan, dan perangkat komputasi. Beberapa contoh perangkat komputasi pada sebuah LAN meliputi:
     
    File Server - Komputer yang "melayani" sebagai fasilitas penyimpanan pusat data dan file program.


    Print Server - Komputer dengan satu atau lebih printer terpasang yang menyediakan pencetakan "jasa" ke komputer lain di LAN. Beberapa printer memiliki antarmuka khusus yang memungkinkan printer itu sendiri untuk bertindak sebagai print server pada sebuah jaringan.

    Modem / Fax / Komunikasi Server - Perangkat yang memungkinkan komputer di LAN untuk berkomunikasi di luar jaringan melalui sistem telepon standar lokal. Hal ini juga mungkin, dengan server komunikasi yang sesuai dan software, untuk memungkinkan komputer eksternal untuk "dial-in" untuk LAN dan berkomunikasi (data dan / atau faks) dengan perangkat di LAN.
    KOMPUTER KOMUNIKASI
    Berbagai jenis komputer yang menggunakan metode yang berbeda, atau protokol, untuk berkomunikasi satu sama lain. komputer Macintosh menggunakan protokol AppleTalk. Macintosh serta PC dapat menggunakan TCP / IP untuk berbagi informasi di Internet. Beberapa PC memerlukan Network Operating System (NOS) untuk berkomunikasi. Sebagai contoh, Novell Netware adalah NOS populer dengan pengguna PC.
    SERVER DAN KLIEN
    Sebuah komputer server menyediakan layanan khusus (contoh dijelaskan di atas), sedangkan permintaan klien komputer dan menerima layanan dari server. Komputer yang sama bisa menjadi klien atau server, tergantung pada jenis komunikasi data yang terjadi. Sebagai contoh, komputer bisa melayani salah satu dari file tersebut ke komputer lain, tetapi juga dapat menerima file dari komputer itu.

    PENGGUNAAN UNTUK LAN DALAM BANGUNAN SEKOLAH

    - Sharing printer

    - Elektronik mail

    - Sharing program

    - Sekolah papan buletin

    - Sharing file terpusat

    - Akses ke database perpustakaan

    - Akses ke katalog kartu perpustakaan

    - Mengirim dan menerima faks

    - Koneksi biaya-efektif untuk jaringan eksternal

    - Informasi sekolah sistem untuk administrator, guru,

    siswa, orang tua dan masyarakat
    PENGGUNAAN UNTUK KABUPATEN LAN WIDE
    Kabupaten menggunakan LAN mencakup semua hal di atas, tetapi terutama:

    - File sharing (informasi mahasiswa)

    - Transmisi catatan (kehadiran, nilai, disiplin)

    - Elektronik mail

    - Berbagi penggunaan salah satu kabupaten koneksi ke Internet

    Catatan: interkoneksi LAN beberapa bangunan sering dilakukan dengan Wide Area Networking (WAN) melalui transmisi radio atau melalui jalur data yang disewa dari perusahaan telepon.
    JENIS LAN
    Jenis-jenis perangkat keras LAN Ethernet dan Token Ring. Ethernet dominan karena mudah dirancang dan terdiri dari alat transfer data yang lebih murah daripada perangkat Token Ring serupa. Kinerja Ethernet dan Token Ring yang hampir sama dalam kebanyakan situasi. Meskipun dimungkinkan untuk menghubungkan Ethernet dan Token Ring jaringan di lokasi yang sama, itu menambah biaya dan kompleksitas. Cara terbaik adalah untuk menjaga konfigurasi infrastruktur komunikasi data sekolah sesederhana mungkin. Lain standar untuk komunikasi data adalah ATM (Asynchronous Transfer Mode). Hal ini lebih mahal dibandingkan Ethernet atau Token Ring tapi memungkinkan kecepatan yang lebih tinggi dan pada akhirnya akan memungkinkan integrasi yang lebih baik dari komputer-data, suara digital (telepon), dan video. Beberapa saran untuk memilih sebuah LAN meliputi:

    Jika sebuah sekolah tidak memiliki jaringan kecepatan tinggi data yang ada, pilih Ethernet.

    Jika sebuah sekolah memiliki luas Ethernet atau Token Ring LAN, lanjutkan dengan standar itu.

    Jika sebuah sekolah memiliki Token Ring LAN kecil dan ekstensi yang signifikan dari LAN yang diusulkan, dua proyeksi biaya harus dibuat. Salah satu perkiraan harus mencakup biaya untuk memperpanjang Token Ring LAN yang ada, dan satu lagi untuk mengganti seluruh LAN dengan Ethernet.

    Jika sekolah atau kabupaten menerima bantuan pemeliharaan dari sebuah organisasi yang hanya mendukung Token Ring, kadang-kadang sesuai, jika tidak perlu, untuk memilih Token Ring.
    PERTIMBANGAN DESAIN
    Cabling menengah. Pemasangan kabel yang paling hemat biaya adalah Kategori 5 twisted-pair kabel. Kabel ini bekerja dengan Ethernet standar (10 bit Juta per detik, 10 Mbps) dan "cepat" Ethernet (100 Mbps), dan mampu kecepatan hingga 150 Mbps dengan teknologi yang ada. Hal ini telah menjadi pilihan kabel LAN di desain paling. kabel serat optik mentransmisikan data lebih banyak, tetapi bahan dan instalasi jauh lebih mahal. instalasi yang tepat dari kabel serat optik ini sulit dilakukan di sebuah bangunan tua karena kabel tidak boleh ditekuk selama instalasi atau ketika akhirnya berakhir (8 "bending radius minimum yang diperbolehkan).

    Wiring rencana. Lokasi lemari pengkabelan / lemari tergantung pada lokasi yang cocok di gedung dan jarak antara komputer. Jarak maksimum antara sebuah komputer dan kabel jaringan kabinet / lemari adalah 10 meter. Sebuah kabinet kulkas berukuran mana kabel datang bersama-sama dan peralatan jaringan transmisi (dan kadang-kadang server) disimpan dapat tertutup dengan pintu dan berdiri di ruangan besar, atau dapat ditempatkan sebagai sebuah rak terbuka di kamar kecil atau lemari. lemari Wiring / lemari dapat saling berhubungan dengan kabel twisted-pair, tapi kabel serat optik adalah pilihan yang lebih baik untuk berbagai alasan, terutama kecepatan tinggi.

    Jumlah koneksi jaringan (plug-in poin) per kamar. Setiap komputer memerlukan koneksi jaringan dan koneksi masing-masing terdiri dari (1) plug-in titik di dinding ruangan, dan (2) kabel dari titik ini ke lemari pengkabelan / lemari. Pendek dan panjang tujuan istilah teknologi perlu dipertimbangkan ketika merencanakan jumlah koneksi jaringan per kamar.

    - Kelas reguler: Memberikan dari satu sampai enam koneksi jaringan per kelas reguler.

    - Kelas Khusus: Minimum satu koneksi jaringan harus disediakan dalam ekonomi rumah tangga, pendidikan fisik, musik, dan ruang seni. Beberapa sekolah melengkapi kamar-kamar ini, dan pendidikan khusus dan ruang baca, seperti kelas reguler dan menyediakan hingga enam sambungan jaringan.

    - Kelas Teknologi: Kamar ini bisa dilengkapi seperti kelas reguler, tetapi beberapa tempat kabupaten penekanan pada teknologi komputer dan teknologi komunikasi dalam kurikulum mereka, terutama di tingkat sekolah menengah, dan sering mungkin menyediakan rasio koneksi jaringan dari satu sambungan per dua siswa (15 koneksi dalam sebuah ruangan yang menampung hingga 30 siswa).

    - Komputasi kelas: Sangat menguntungkan untuk menjaga setidaknya satu kelas per sekolah yang menyediakan satu komputer per siswa (koneksi jaringan 30 untuk kelas hingga 30 siswa).

    - Perpustakaan: Perpustakaan dapat menjadi pusat bahkan lebih fleksibel untuk mengakses informasi, penelitian, dan upaya-upaya kreatif jika kabel dengan koneksi jaringan. Jaringan komputer dapat digunakan untuk mengakses katalog kartu online dalam sekolah, atau katalog online dari sekolah lain di kabupaten ini. Jika sekolah memiliki sambungan ke jaringan eksternal, LAN memungkinkan setiap komputer di perpustakaan (dan di sekolah) untuk mengakses katalog online dan database dari berbagai lokasi. Sambungan ke Internet, misalnya, menyediakan akses ke perguruan tinggi, universitas, dan perpustakaan pemerintah di seluruh dunia. Jaringan multimedia workstation di perpustakaan, memungkinkan siswa untuk mengakses database multimedia, ensiklopedi, dan sumber daya grafis / visual yang berorientasi lainnya. Banyak perpustakaan sekolah menemukan koneksi jaringan di tempat sebanyak mungkin di perpustakaan. Pustakawan mengakui bahwa komputer akan menjadi semakin lazim di perpustakaan sebagai pengganti biaya-efektif untuk sumber daya mahal dan memakan ruang seperti serial, majalah, surat kabar, sebuah buku referensi.

    Administrasi kantor *: Setidaknya satu jaringan koneksi per orang harus disediakan untuk tujuan administratif. Dua sambungan per orang akan memungkinkan untuk sambungan printer dan perangkat jaringan lainnya.

    * Kantor lainnya: Kantor-kantor perawat sekolah, psikolog, / konselor bimbingan karir, / home konselor sekolah, dan personil pendukung akademis harus memiliki setidaknya satu koneksi jaringan per orang.
    HAL TAMBAHAN UNTUK DIINGAT KETIKA PERANCANGAN LAN SEKOLAH'S
    Jaringan outlet. Cari di dekat daerah dimana komputer / akan berlokasi.

    Outlet listrik. Cari di dekat outlet jaringan. Jika outlet listrik dipasang untuk penggunaan masa depan, pastikan catu daya bangunan dan infrastruktur distribusi listrik cukup untuk menangani komputer ditambahkan. Karena biaya memberikan pelayanan listrik sangat besar (sebanyak setengah dari biaya LAN itu sendiri), adalah bijaksana untuk mempertimbangkan biaya ini pada waktu yang sama dengan estimasi biaya LAN.

    Perabot dan perlengkapan lokasi. Ketika mengembangkan sebuah rencana kabel, mempertimbangkan penempatan perabotan dan perlengkapan stasioner.

    Pengkabelan. Ketika kabel untuk LAN, jalankan kabel tambahan untuk tujuan lain pada saat yang sama karena manfaat biaya sering besar. Instalasi kabel untuk keperluan berikut ini harus dipertimbangkan ketika menginstal kabel LAN:

    * TV kabel

    * Telepon dan interkom

    * Alarm / keamanan

    * Lingkungan sensor

    Potensi penggunaan ruang. Sertakan setiap ruangan dalam desain LAN yang pernah mungkin rumah kelas, kelompok, atau kantor. Ini jauh lebih murah untuk merancang dan memasang jaringan untuk seluruh bangunan dari pada "modules" ke dalam proyek-proyek LAN kecil (ruang kelas di satu proyek dan kantor di proyek lain). menggunakan Kamar dapat berubah selama bertahun-tahun (lemari besar dapat menjadi kantor atau ruang kelas kecil, misalnya).
    RINGKASAN
    Ada banyak aspek desain LAN yang perlu dipertimbangkan ketika mengembangkan rencana teknologi untuk gedung sekolah atau distrik sekolah. Mencerna ini telah mengindikasikan beberapa isu kunci perancangan, namun satu harus menghubungi seorang konsultan yang berpengalaman atau desainer jaringan sebelum menyelesaikan desain LAN.

    0 komentar:

    Poskan Komentar

    sudi kiranya anda berbagi saran disini, tolong sertakan nama yang jelas terimakasih.

     

    ©Copyright 2012 Abang Janut Blog | TNB | Dimodifikasi Oleh : Abang Janut